Pergeseran Paradigma
Belajar Abad 21
Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat
menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif
melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan
pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan
dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri
maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema
1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21
dan model pembelajaran yang harus dilakukan
Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang
terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang
tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung
kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan
pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba
(observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Di
samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaringan
melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada pengembangan kurikulum 2013
ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat standar dalam kurikulum
meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan
berubah sebagaimana ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.
Perubahan yang Diharapkan
Pengembangan kurikulum 2013, selain untuk memberi
jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum 2006,
bertujuan juga untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik
dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan
(mempresentasikan), apa yang di peroleh atau diketahui setelah siswa menerima
materi pembelajaran
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita
memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih
baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada
lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,
manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, yang
diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggambarkan perubahan yang
diharapkan pada masing-masing entitas
Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/
Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/