Iklan Online
A. Deskripsi
Konsep e-marketing
pada dasarnya sama dengan marketing biasa, yakni bagaimana agar produk dapat
terjual. Di dalamnya terdapat segala unsur yang mempengaruhi penjualan suatu
produk dan bagaimana agar penjualan berlangsung efektif dan efisien. Pihak
produsen pasti ingin mengalami keuntungan, tidak ada yang ingin mengalami
sebaliknya. Maka dari itu muncullah ide untuk membuat versi online, dari
strategi marketing yang mereka rencanakan.
Dunia online dan
dunia nyata pasti berbeda keuntungan dan hambatannya. Oleh karena itu
implementasi atau perwujudan dari sebuah strategi e-marketing dengan marketing
biasa pasti juga berbeda. E-marketing bukanlah tentang bagaimana seseorang
menciptakan sebuah website, namun lebih merujuk ke bagaimana sebuah
bisnis online, dapat dibangun dan dijalankan. Membentuk sebuah
lingkungan bisnis, dimana konsumen mengambil alih dan ikut turut andil dalam
menentukan pilihan pembeliannya.
Melalui bentuk
dialog dan komunikasi dua arah yang baik maka e-marketing pun dapat berjalan
dengan maksimal. Dengan demikian, e-marketing adalah salah satu cara
untuk memasarkan produk secara online dan merupakan cara baru untuk
dapat memperluas cakupan target konsumen. Jika sebuah perusahaan telah terjebak
dengan cara tradisional yang tidak kunjung berhasil, maka e-marketing adalah
jawabannya, karena internet dapat menjadi media pemasaran, dengan
konsumen/orang-orang baru, yang mungkin belum aware terhadap produk yang
dijual sebuah perusahaan dan dapat menjadi target selanjutnya.
Media pemasaran online
meliputi, iklan online, e-commerce, mobile marketing, sosial
media atau jejaring sosial, teknik afiliasi, email marketing, optimasi
search engine dan strategi pemasaran online.
Buku ini merupakan
kelanjutan dari buku pemasaran online semester satu yang membahas
mengenai iklan online, e-commerce, mobile marketing, teknik
afiliasi, penggunaan adsense dan strategi pemasaran online.
B. Prasyarat
Sebelum
mempelajari buku ini sebaiknya Anda sudah tuntas mempelajari buku Pemasaran Online
semester 1.
C. Petunjuk Penggunaan
Agar Anda dapat
mempelajari buku ini dengan lebih baik, ikutilah petunjuk berikut:
Baca dan pahami buku ini mulai dari
halaman pertama.
Pahami istilah-istilah yang terdapat
pada glossari.
Pahami setiap tujuan dari setiap
kegiatan belajar.
Kerjakan setiap tugas pada pada setiap
kegiatan belajar.
Tidak dibenarkan melanjutkan kepada
kegiatan belajar berikutnya, apabila
pada kegiatan belajar yang bersangkutan belum tuntas.
D. Tujuan Akhir
Anda diharapkan
mampu memahami dan mengaplikasikan marketing online,dalam kehidupan
sehari-hari, untuk memulai membangun sikap Enterpreneur dan berwirausaha
sendiri.
E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1. Memahami nilai-nilai keimanandengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alamdan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya. 1.2. Mendeskripsikan kebesaranTuhan yang menciptakan berbagaisumber energi di alam. 1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanansesuai dengan ajaran agamadalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. 2.2.Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari har sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Menerapkan iklan online
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
4.1. Merancang iklan online.
|
F. Cek Kemampuan Awal
Jawablah
pertanyaan ini pada selembar kertas dan berikan pada guru kalian.
- Apa yang dimaksud dengan Internet?
- Apa yang dimaksud dengan iklan online?
- Apa yang Anda ketahui tentang e-commerce?
- Apa yang dimaksud dengan Blog?
- Apa yang Anda ketahui tentang media sosial?
- Apa yang dimaksud dengan adsense?
- Apa yang Anda ketahui tentang mobile?
BAB II PEMBELAJARAN
A. Deskripsi
Materi
pembelajaran Online Marketing atau Pemasaran Online, pada kelas X
semeseter II, membahas mengenai iklan online, pemasaran melalui
eCommerce, pemasaran pada perangkat mobile, cara melakukan afiliasi,
adsense dan Bloging, serta strategi pemasaran online.
B. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
Pemasaran Online meliputi.
Kegiatan belajar 1, Iklan Online terdiri dari: Pengertian iklan online,
jenisjenis iklan online, tampilan dan konten iklan online,
mendistribusikan iklan online, dan model pembayaran iklan online.
Kegiatan belajar 2, Pemasaran melalui ecommerce terdiri dari: Pengertian e-commerce, strategi pemasaran
dalam e-commerce, menggunakan afiliasi pemasaran untuk mempromosikan website
ecommerce, dan membuat aplikasi e-commerce.
Kegiatan belajar 3, Pemasaran melalui perangkat mobile terdiri dari: Dasar-dasar pemasaran melalui perangkat
mobile, spesifikasi perangkat mobile, membuat website menggunakan template
pada perangkat mobile, dan strategi pemasaran pada perangkat mobile.
Kegiatan belajar 4, Melakukan afiliasi terdiri dari: Pengertian afiliasi pemasaran, sejarah afiliasi
pemasaran, dan cara melakukan afiliasi pemasaran.
Kegiatan belajar 5, Adsense dan Bloging terdiri dari: Pengertian Adsense dan Blog, pemasaran
mendapat persetujuan Adsense,menggunakan interface Adsense, menempatkan iklan
di Blog, dan membuat blog.
Kegiatan belajar 6, Strategi Pemasaran Online terdiri
dari: Riset pasar online dan saingan
(kompetitor), Strategi menarik prospek pelanggan,Membuat konten yang menarik,
Membina hubungan pelanggan melalui berbagai media, Strategi mendapatkan
pendapatan dan keuntungan.
Bersambung.....