Pelajaran Bisnis Online Semester 2 : Iklan Online

Al Fath Mediakita Solution
0

Iklan Online


A. Deskripsi

Konsep e-marketing pada dasarnya sama dengan marketing biasa, yakni bagaimana agar produk dapat terjual. Di dalamnya terdapat segala unsur yang mempengaruhi penjualan suatu produk dan bagaimana agar penjualan berlangsung efektif dan efisien. Pihak produsen pasti ingin mengalami keuntungan, tidak ada yang ingin mengalami sebaliknya. Maka dari itu muncullah ide untuk membuat versi online, dari strategi marketing yang mereka rencanakan.
Dunia online dan dunia nyata pasti berbeda keuntungan dan hambatannya. Oleh karena itu implementasi atau perwujudan dari sebuah strategi e-marketing dengan marketing biasa pasti juga berbeda. E-marketing bukanlah tentang bagaimana seseorang menciptakan sebuah website, namun lebih merujuk ke bagaimana sebuah bisnis online, dapat dibangun dan dijalankan. Membentuk sebuah lingkungan bisnis, dimana konsumen mengambil alih dan ikut turut andil dalam menentukan pilihan pembeliannya.
Melalui bentuk dialog dan komunikasi dua arah yang baik maka e-marketing pun dapat berjalan dengan maksimal. Dengan demikian, e-marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan produk secara online dan merupakan cara baru untuk dapat memperluas cakupan target konsumen. Jika sebuah perusahaan telah terjebak dengan cara tradisional yang tidak kunjung berhasil, maka e-marketing adalah jawabannya, karena internet dapat menjadi media pemasaran, dengan konsumen/orang-orang baru, yang mungkin belum aware terhadap produk yang dijual sebuah perusahaan dan dapat menjadi target selanjutnya.
Media pemasaran online meliputi, iklan online, e-commerce, mobile marketing, sosial media atau jejaring sosial, teknik afiliasi, email marketing, optimasi search engine dan strategi pemasaran online.
Buku ini merupakan kelanjutan dari buku pemasaran online semester satu yang membahas mengenai iklan online, e-commerce, mobile marketing, teknik afiliasi, penggunaan adsense dan strategi pemasaran online.

B. Prasyarat
Sebelum mempelajari buku ini sebaiknya Anda sudah tuntas mempelajari buku Pemasaran Online semester 1.
 C. Petunjuk Penggunaan
Agar Anda dapat mempelajari buku ini dengan lebih baik, ikutilah petunjuk berikut:
Baca dan pahami buku ini mulai dari halaman pertama.
Pahami istilah-istilah yang terdapat pada glossari.
Pahami setiap tujuan dari setiap kegiatan belajar.
Kerjakan setiap tugas pada pada setiap kegiatan belajar.
Tidak dibenarkan melanjutkan kepada kegiatan belajar berikutnya, apabila
pada kegiatan belajar yang bersangkutan belum tuntas.

D. Tujuan Akhir
Anda diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan marketing online,dalam kehidupan sehari-hari, untuk memulai membangun sikap Enterpreneur dan berwirausaha sendiri.

E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Memahami nilai-nilai keimanandengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alamdan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya. 1.2. Mendeskripsikan kebesaranTuhan yang menciptakan berbagaisumber energi di alam. 1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanansesuai dengan ajaran agamadalam kehidupan sehari-hari.
2.   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. 2.2.Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari har sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
 3.1.  Menerapkan iklan online
3.2.  Menerapkan pemasaran dalam ecommerce.
3.3.  Menerapkan pemasaran pada website mobile. Memahami afiliasi pemasaran
3.4.  Memahami adsense dan Blogging.
3.5.  Memahami strategi membuat pemasaran online.
 
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1.  Merancang iklan online.
4.2.  Mendemontrasikan pemasaran dalam e-commerce.
4.3.  Mendemontrasikan pemasaran pada webiste mobile.
4.4.  Merancang afiliasi pemasaran.
4.5.  Mendemontrasikan adsense dan blogging.
4.6.  Merancang strategi pemasaran online.

 


F. Cek Kemampuan Awal
Jawablah pertanyaan ini pada selembar kertas dan berikan pada guru kalian.
  1.  Apa yang dimaksud dengan Internet?
  2.  Apa yang dimaksud dengan iklan online?
  3. Apa yang Anda ketahui tentang e-commerce?
  4.  Apa yang dimaksud dengan Blog?
  5. Apa yang Anda ketahui tentang media sosial?
  6.  Apa yang dimaksud dengan adsense?
  7.  Apa yang Anda ketahui tentang mobile?

 BAB II PEMBELAJARAN
A. Deskripsi
Materi pembelajaran Online Marketing atau Pemasaran Online, pada kelas X semeseter II, membahas mengenai iklan online, pemasaran melalui eCommerce, pemasaran pada perangkat mobile, cara melakukan afiliasi, adsense dan Bloging, serta strategi pemasaran online.

B. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar Pemasaran Online meliputi.
Kegiatan belajar 1, Iklan Online terdiri dari: Pengertian iklan online, jenisjenis iklan online, tampilan dan konten iklan online, mendistribusikan iklan online, dan model pembayaran iklan online.
Kegiatan belajar 2, Pemasaran melalui ecommerce terdiri dari: Pengertian e-commerce, strategi pemasaran dalam e-commerce, menggunakan afiliasi pemasaran untuk mempromosikan website ecommerce, dan membuat aplikasi e-commerce.
Kegiatan belajar 3, Pemasaran melalui perangkat mobile terdiri dari: Dasar-dasar pemasaran melalui perangkat mobile, spesifikasi perangkat mobile, membuat website menggunakan template pada perangkat mobile, dan strategi pemasaran pada perangkat mobile.
Kegiatan belajar 4, Melakukan afiliasi terdiri dari: Pengertian afiliasi pemasaran, sejarah afiliasi pemasaran, dan cara melakukan afiliasi pemasaran.
Kegiatan belajar 5, Adsense dan Bloging terdiri dari: Pengertian Adsense dan Blog, pemasaran mendapat persetujuan Adsense,menggunakan interface Adsense, menempatkan iklan di Blog, dan membuat blog.
Kegiatan belajar 6, Strategi Pemasaran Online terdiri dari: Riset pasar online dan saingan (kompetitor), Strategi menarik prospek pelanggan,Membuat konten yang menarik, Membina hubungan pelanggan melalui berbagai media, Strategi mendapatkan pendapatan dan keuntungan.
 Bersambung.....

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top