Belajar Microsoft Word 2010

CintaRosulullah
0

Komputer Perkantoran, Belajar Microsoft Word 2010

Pada bahasan ini kita akan berkenalan dengan ribbon ribbon Ms Word 2010, selanjutnya akan dikupas tuntas secara rinci dan praktis pada bahasan selanjutnya.

jika kita mengenal komponen2 dalam ms word secara umum dan selanjutnya dipraktekan langsung, maka akan terasa lebih mudah, dan yang harus ingat, kata kunci cari belajar komputer adalah PRAKTEK dan PRAKTEK.

Jika kita belajar Microsoft Word banyak yang akan kita kuasai, kita akan bisa:

1.        Membuat surat menyurat dan surat berantai
2.        Membuat tabel dan grafik
3.        Membuat setting amplove dan label secara otomatis.
4.        Membuat poster dan pamplet
5.        Cara membuat Daftar isi dengan cepat dan otomatis
6.        Memasukan penomoran halaman secara otomatis dan header footer
7.        Membuat footnote dan endnote dengan efisien
8.        Memasukan Gambar pada naskah
9.        Pengaturan halaman, perataan dan margin
10.     Mencari dan mengganti kata dengan otomatis
11.     Dll

A.   Home


Terdiri dari group font, paragraph, style dan editing

  1. Font berhubungan dengan Jenis huruf, Ukuran hurup, cetak tebal, miring, garis bawah, warna huruf, supersript, subscript dan headlight huruf
  2. Paragraph berhubungan dengan perataan paragraf, spasi, penomoran paragraf, jarak antar teks, border dan shading, sortasi
  3. Group style digunakan untuk menentukan setting paragraph secara otomatis dari komputer
  4. Editing, digunakan untuk melakukan seleksi objek atau dengan format tertentu, find dan find and replace

 B.   Insert


Terdiri dari group Pages, Tables, illustration, Link, header & Footer, text dan Symbol
  1. Pages digunakan untuk memisahkan halaman (page break), membuat cover naskah, dst
  2. Tables digunakan untuk membuat tabel
  3. Illustrations, digunakan untuk memasukan gambar (picture), Clipt art, shapes, smartArt, grafik dan gambar langsung dgn screenshot
  4. Link, Hyperlink, untuk membuat hyperlink
  5. Header and Footer, menbuat header dan footer juga penomoran halaman
  6. Group Text, digunakan untuk membuat text box, membuat WordArt, dropCap, Date and time/Tanggal dan waktu, dan objek dari aplikasi lain, seperti rumus dll
  7. Group Symbol : memasukan symbol dan rumus/Microsoft Equation

C.   Page Layout

  1. Group themes digunakan untuk mengatur thema secara otomatis
  2. Page setup: Margin untuk menentukan batas penulisan, size untuk menentukan jenis kertas, Column menetukan jumlah kolom pada satu halaman, break untuk memecah teks supaya terpisah ke colom berikutnya
  3. Page background untuk memberikan background pada halaman dan juga border halaman
  4. Paragraph untuk menentukan indentasi kiri dan kanan juga jarak antar paragraf
  5. Arrange untuk menentukan posisi teks terhadap gambar juga posisinya, group beberapa objek dan rotasi objek sesuai yang diinginkan.

D.   Reference


Ini terutama untuk membuat daftar isi secara otomatis, memasukan catatan kaki/footnote, dan endnote/catatan diakhir naskah, mamasukan citasi dan bibliography dst.

 E.   Mailing


Ini berhubungan dengan pembuatan cetak gabung (Mail Merge), Label dan amplove, dan proses step by stepnya. Ini wajib dipahami saat pembuatan cetak gabung/mail merge.
Yang pada prinsipnya ada 6 langkah.
1.    Membuat Master                                       
2.    Membuat Sumber Data/Data Source            
3.    Menggabungkan Data Ke Master                
4.    Memasukan Field
5.    Menampikan Hasi/Results
6.    Merge/Print Merged Data

F.    Review


Ini berhubungan dengan pengecekan tata bahasa dan pengejaan (Spelling and grammar) tulisan bahasa inggris secara otomatis oleh komputer sesuai standar American English, penghitungan kata (Word Count), menerjemahkan (Translate), memberikan komentar pada naskah tertentu, dst

G.   View

   
Menentukan tampilan kerja (print layout), penggaris (ruler), garis bantu (gridlines), besar dan kecilnya halaman (zoom), bekerja dengan beberapa file dan pengirisan (split).

H.   Layout Tabel 


Tab ribbon View ini akan muncul saat kita mengaktifkan tabel yang dibuat sebelumnya, ini berhubungan dengan mengaturan tabel, menampilkan garis bantu(view gridlines), menghapus tabel (delete), menambah tabel baik baris atau kolom (insert), mengiris (split), menggabungkan cell (merge cell), dan juga perataan tulisan (Alignment ) dalam tabel dan arah teks nya (text dirrection), juga urut data (sortasi) dan rumus (Formula)

I.    Design Table


Ini berhubungan dengan pengaturan desain tabel, warna tabel otomatis, penentuan border dan shading, menghapus tabel dan membuat tabel secara manual

J.    Format Object/Shape


Ini berhubungan dengan format AutoShape, jika kita membuat autoshape maka akan tambil format dan pengaturan, warna, outline, style, posisi objek terhadap teks, ukuran shape, group dst

K.   Format Gambar

Ini berhubungan dengan format dambar yang kita masukan ka naskah, pengataturan warna styles gambar, effeks, susunan posisin gambar terhadap gambar lain dan memotong gambar,  dan lebar dan tingginya

Next, kita akan banyak di studi kasus perkasus, selamat menyimak mode On :-)


Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top